MATAN Ciputat: Pelopor GKM (Gerakan Kibar MATAN)

img-20160524-wa0003-57441e1ad57e61c507f83824Gerakan Kibar Matan (GKM) adalah sebuah gerakan mengibar bendera MATAN yang bertujuan untuk membumisasikan MATAN ke masyarakat Nusantara. Gerakan ini dicetuskan sejak dilantiknya MATAN CIPUTAT pada tanggal 11 April 2016 di Masjid Fathullah UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Gerakan amaliyah dalam ilmiyah yang bernilai ibadah menjadi khittah utama MATAN. Bersamaan dengan GKM menjadi tanda khittah nyata bahwa mengawali segala hal dengan cara memperkenalkan diri merupakan salah satu etika mulia berorganisasi. Mengapa harus bendera yang disimbolkan? Karena bendera merupakan suatu lambang atribut kejayaan untuk merealisasikan visi dan misi organisasi. Begitulah cara yang baik dalam komunikasi organisasi yaitu tidak malu-malu saling menyapa dan mendoakan.
GKM ini juga bisa disebut sebagai gerakan “fantasyiruu fil-ardl”. Berdasarkan pemahaman kalam suci Allah dalam Qs. al-Jumu’ah [62]: 10, bahwa gerakan ini dalam rangka memohon rahmat dan karunia dari Allah. Sebagai kader MATAN, mahasiswa haruslah memenuhi panggilan Allah sebagai Tuhan kita dan mendirikan salat sebagai wujud kebutuhannya atas praktik penghambaannya pada Ilahi, ini adalah ibadah ritual setiap kader MATAN. Dari ibadah ritual ini, kemudian bertransformasi menjadi ibadah sosial, yaitu “bertebaranlah kalian” untuk mencari karunia-Nya di muka bumi Allah, yaitu dengan aksi nyata kader MATAN terus bergerak, terus bersilaturahmi, dan menyebarkan gerakan dakwah ini ke segala lapisan masyarakat.
Untuk mewujudkannya, setiap pengurus MATAN Ciputat secara bertahap dibekali satu bendera. Setiap pengurus dianjurkan untuk terus bergerak dan berdakwah, di manapun mereka berada, di manapun mereka pergi, dan di manapun mereka singgah dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sebagai tanda dan simbol bahwa pengurus melaksanakan amanah dari sang guru, KH Habib Lutfi bin Yahya, untuk turut serta berkontribusi membesarkan organisasi thariqah ini, pengurus wajib untuk memberi tanda di muka bumi bahwa “MATAN has been here”, maka pengurus haruslah mengibarkan bendera MATAN.
img-20160513-190203-57441bcaf37a61cf05157ff7Ada yang unik dari GKM ini, saat Pengurus MATAN Ciputat yang dikawal langsung oleh Ketua MATAN DKI Jakarta, Ustadz Dr. Ali Abdillah, hadir sebagai peserta International Summit of The Moderate Islamic Leaders (ISOMIL), pada 9 Mei 2016, di JCC Senayan Jakarta. Pada event ini, bendera MATAN berkibar dan menunjukkan eksistensinya bersama dengan tokoh nasional, ulama Nusantara dan dunia, OKP nasional, abdi negara tingkat pusat, dan masyarakat lainnya yang hadir. Di sinilah, melalui GKM, menjadikan para tokoh tadi dapat merasakan hadirnya MATAN, bukan sekedar nama, namun gerak nyata MATAN untuk ikut menyukseskan perdamaian dunia.
Aksi ini bukanlah bermaksud hanya untuk seru-seruan dan rame-ramean belaka, atau sebuah riya’ dan takabur. Organisasi lain belum begitu memasifkan gerakan semacam ini, maka menjadi sebuah harapan, GKM ini menjadi inspirasi bagi yang lain dalam syiar dakwahnya. Lebih lanjut, pengurus berusaha untuk meluruskan niat supaya aksi ini benar-benar untuk pengabdian pada organisasi, eksistensi dakwah, dan takzim pada guru. Wallaah a’lam….
Bumi Ciputat, 24 Mei 2016 M/17 Sya’ban 1437 H
MA Husen Umar*
*Kadep Sosial dan Keagamaan MATAN Ciputat Periode 2016-2019

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *