Muktamar XII JATMAN NU dan Halaqah II Ulama Sufi se-Dunia di Pekalongan

​Muktamar XXI JATMAN NU dan Halaqah II Ulama Sufi se-Dunia di Pekalongan

InsyaAllah, lusa/Ahad/14/01/2018 di Pekalongan Jawa Tengah berkumpul ulama-ulama tarekat sedunia dalam rangka Muktamar dengan serangkaian acara berlangsung selama 4 hari, penutupan pada kamis/18/01/2018.

Salah satu agenda acara muktamar yang selalu menarik, menjadi issu sentral, dan bergensi bagi muktamirin adalah saat pemilihan Rais ‘Am (majelis tertinggi) dan mudir ‘am (pejabat ketua umum) yang memimpin Jam’iyyah Ahlit Thariwah al Muktabarah al Nahdliyah Nahdlatul Ulama (JATMAN NU) lima tahun ke depan, periode 2018-2023.

Rais ‘Am sekarang, Maulana Habib Luthfi bin Ali bin Yahya dipastikan tetap, orang bugis-makassar mengistilahkan OPPO’ki, diyakini masih terpercaya dan dipercayakan menjadi Rais Am eks officio Rais Majelis Ifta, pemimpin spiritual tertinggi di Jatman. 

Tentang siapa yang memangku Mudir Am?  Inilah yang menjadi teka teki muktamirin !, jelasnya bahwa salah satu syarat utama Mudir Am adalah yang berposisi sebagai Mursyid tarekat, dan siapapun nantinya yNg terpilih menjadi Ketua Umum, itu harus mendapat persetujuan dari Rais Am terpilih.

Sesuai jadwal, hari Selasa/16/01/2 melalui Sidang Komisi Majelis Ifta yang dipimpin Habib Abd Rahim Assegaf Puang Makka akan ditetapkan dan putusan penetapan muktamar hasil pemilihan Rais Am tersebut berikut siapa yang dipilih Mudir Am diumumkan pd Rabu/17/01/2018 melalui sidang pleno.

Matan Sulsel sebagaui lajnah mustaqillah, bagian integral dari JATMAN NU, ikut menjadi peserta penuh pada forum muktamar ini. Kafilah Jatman Sulsel plus Matan yang ikut di arena hajatan akbar sekali dalam lima tahun bermuktamarnya ulama-ulama tarekat sedunia sejumlah 67 peserta penuh dan peninjau alias romli (rombongan lincah) belum diperkirakan sebanyak berapa jumlahnya

Krn muktamar Jatman terangkai dengan halaqah II ulama tarekat sedunia, maka hadir pula sebagai peserta penuh utusan mursyid-masyayikh tarekah dari 45 negara dan tentunya berkumpul jutaan jamaah tarekat dari dalam dan luar negeri. 

Muktamar XII jatman NU dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo dan ditutup oleh Wapres Jusuf Kalla. Kita berharap acara ini sukses dan tentunya kita berdoa untuk kesuksesannya karena senjata utama bagi ulama sufi-jamaah  tarekat adalah doa, senjata bagi orang-orang mukmin DOA.

SELAMAT BERMUKTAMAR !!!! 

Wallahul muwaffiq Ila Aqwamit Thariq

WASSALAM

By Mahmud Suyuti (Ketua PW Matan Sulsel)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *