ENAM TAHUN MATAN

​ENAM TAHUN MATAN, milad ke-6 (12/01/2012 & 2018) 

MATAN singkatan Mahasiswa/i Ahli al-Thariqah al-Muktbarah al-Nahdliyah, merupakan organisasi pemuda tarekat (mahasiswa S1, S2, S3 dan alumni/sarjana), pelajar, santri dan masyarakat umum yang telah berbaiat di salah satu tharekat al-Muktabarah. 

Tharekat al-Muktabarah adalah jalan kesufian yang tergorganisir dalam tarekat sahih yang nasab silsilahnya bersambung/terhubung ke Nabi Muhammad saw.

Al-Nahdliyah adalah tashieh dari JATMAN-NU (Jam’iyah Ahlit Thariqah al-Mu’tabarah al-Nadhliyah Nahdlatul Ulama), salah satu badan otonom dari Nahdlatul Ulama.
AD/ART MATAN bab III pasal 6 disebutkan bahwa MATAN merupakan perkumpulan murid, yakni mahasiswa/masyarakat pengamal tarekat sahih dalam wadah JATMAN Nahdlatul Ulama.

MATAN pertamakali diwacakanan Rais ‘Am Jatman, Maulana Habib Luthfi bin Ali bin Yahya dan sejumlah masyayikh sejak tahun 1999 dan kemudian dideklarasikan 10-14 Januari 2012/16-20 Shafar 1433 bersamaan Muktamar XI JATMAN di Pondok Pesantren al-Munawariyah Malang Jawa Timur. 

MATAN ditetapkan sebagai Lajnah (bagian integral) dari JATMAN (Jam’iyah Ahlith Thariqah al-Mu’tabarah al-Nahdliyah, organisasi badan otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU). 
MATAN SAAT SUDAH ENAM TAHUN, MILAD KE 6, HARLAH VI, Selamat dan sukses MATAN, semoga dapat lebih berkhidmat untuk agama melalui amalan ketarekahan dalam bingkai Aswaja (Ahlus Sunnah wal-Jamaah) sesuai qanun asasi Nahdlatul Ulama, berbakti bagi nusa dan bangsa mengawal NKRI, jayalah selalu MATAN untuk IslamNUsantara.
Mengisi MILAD MATAN KE VI ini, mari sejenak kita kirimkan FATIHAH kepada masyayikh, mursyid-mursyid kita semua. Besok hari jumat 12 Januari sebagai puncak MILAD MATAN, kita mengadakan ngumpul (teknis diserahkan ke cabang masing2), berkumpul untuk acara khusus, salawatan, zikiran dan syukuran MILAD MATAN.

By, Mahmud Suyuti

PW Matan Sulsel

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *