Haul Akbar Jam’iyyah Hadiyu

Haul Akbar Jam’yyah Hadiyu 

Hadrotus Syekh KH Abdul Hannan salah satu Pengasuh di Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon mengistiqomahkan Dzikir Aurod Hadiyu. Sebagai guru ngaji dan pembinaan umat keistiqomahan dan memudawahkan Dzikiran Hadiyu diharapkan bermanfaat untuk kaum muslimin muslimat dalam olah spiritual atau olah rasa mengenal Allah dan alam semesta khususnya di lingkungan Pesantren Babakan dan umumnya masyarakat Indonesia. 

Dzikir Aurod Hadiyu secara tertulis telah banyak bentuk, baik bentuk bahasa Arabnya saja, ada yang terjemahannya, dan ada juga yang versi latin dan terjemahannya. Pembukuan Aurod Hadiyu diupayakan sebagai bentuk syiar Islam dan membumikan nilai-nilai spiritual dalam keseharian umat muslim. 

Memudawahkan Aurod Hadiyu dalam sebuah majelis dzikir memiliki maksud dan tujuan. Hal tersebut penulis kutip dari Aurod Hadiyu Cetakan 2010 versi bahasa Arab dan terjemah. Sebelum mengenal maksud dan tujuan bahwa Aurod Hadiyu diistiqomahkan setiap malam atau siang Jum’at secara berjama’ah. Pembacaan itu diistiqomahkan di Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon oleh para Pengasuh Pesantren Babakan dan jama’ah pada umumnya.

Adapun tujuan dan maksunya yaitu semata-mata karena tiga hal: (1) Memohon keselamatan di dunia dan akhirat kepada Allah; (2) Tabungan ibadah, dengan menyematkan dan membiasakan diri berdzikir bersama-sama dengan anggota keluarga, saudara, teman atau sahabat, dan lain sebagainya. Karena maksud kedua ini lebih kepada kegunaan yang dirasakan manfaatnya bagi setiap mu’min, mata hatinya (jiwa) menjadi tenang, dan menjadi amal jariyah; (3) Menanam dan menumbuh kembangkan keramat, dimana keramat itu sendiri tumbuh hanya dengan istiqomah dan istiqomah sangatlah sulit dilakukan kecuali dengan berjama’ah.

Keberlangsungan istiqomah Dzikir Aurod Hadiyu yang seringi dilakukan dan dipimpin oleh Hadrotu Syekh KH Abdul Hannan  bersama para kiyai Pesantren Babakan dan jama’ah, kemudian dilanjutkan oleh KH Amin Halim dan para kiyai Pesantren Babakan, kemudian dilanjutkan oleh KH Makhtum Hannan dan para kiyai Pesantren Babakan, kemudian dilanjutkan oleh  KH Zamzami Amin dan para kiyai Pesantren Babakan. Rutinitas ini dilaksanakan di Maqbaroh Pesantren Babakan yang terdapat di  sebelah kanan jalan raya arah Cirebon – Bandung setiap Kamis Malam Jumat. Keramaian itu saat menjelang Istighosah Kubro padat sekali, walapun ada Istighosah sughro dalam perbulannya.

Tahun 2018 tepatnya Sabtu Malam Minggu 24 Maret akan dilaksanakan acara Rapat Koordinasi Nasional Jam’iyyah Hadiyu dan Haul Akbar Jam’iyyah Hadiyu. Acara tersebut dilaksanakan di Halaman Madrasah Muallimat Al-Hikamus Salafiyah Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon. Acara ini akan dihadiri para jama’ah dari seluruh penjuru Nusantara. Tersebar Dzikir Aurod Hadiyu itu dijembatani oleh tersebarnya alumni Pesantren Babakan dan para pengamal Dzikiran Aurod Hadiyu. Semoga acara ini bermanfaat sebagai syiar Islam dan dakwah amaliyah yang ilmiyah untuk agama, bangsa dan negara.
Ditulis oleh Pengurus Jam’iyyah Hadiyu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *