Peristirahatan Terakhir Guru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Peristirahatan Terakhir Guru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Sejak 1 Juni 1957 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berdiri, sampai pada tahun 1960-an kepedulian kampus mengelola Maqbarah Komplek Makam Guru Besar dan  Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bertempat di RT/RW 02/03 Semanggi Dua, Kel. Cempaka Putih, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Prov. Banten. 

Luas lahan yang disediakan 1.000 meter persegi yang terawat dan terkesan rapih telah direnovasi pada 2008-2009, dengan 360 kurang lebih makam yang beristirahat di sini.

Silahkan baca juga: http://www.uinjkt.ac.id/id/uin-jakarta-akan-tata-tanah-tpu/

Maqbaroh ini berhak dikelola oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai sejarah para akademis yang ikut berpengaruh di Indonesia terkait pengetahuan dan perkembangannya.

Silahkan baca juga: http://matanciputat.com/departemen-penelitian-dan-pengembangan/maqbarah-guru-besar-dan-keluarga-uin-ciputat/

Makam ini sangat penting diingat bagi kaum berpendidikan Indonesia dalam menjaga sejarah pengetahuan. Ramaian peziarah oleh keluarga besar, biasanya pada momentum hari besar Islam, menjelang bulan puasa, dan dua hari raya umat Islam. Peziarah mahasiswa dan peziarah umum sangatlah jarang dan dalam setiap tahunnya bisa terhitung intensitas peziarah. Peziarah umum yang bukan kalangan keluarga besar seringnya menziarahi Prof. Harun Nasution dan Prof. Hasbi Ash-Shidiqqi. Maqbaroh diisi oleh tenaga pengajar tetap di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Oleh Ahmad Khoeri (Wakil Ketua PC MATAN Ciputat)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *